Dampak Game Online Bagi Anak Sekolah

Game online bagi anak sekolah

Dampak Game Online Bagi Anak Sekolah. Penggunaan game online memang tidak memandang usia, tua atau muda bahkan anak-anak juga memainkannya. Terlebih anak-anak yang kini sudah memiliki smartphone bagus dan kapasitas yang cukup besar. Sehingga dengan mudah mengakses game online kapan saja selagi ada jaringan internet. Namun, apa sebenarnya dampak yang dapat ditumbulkan ketika anak-anak bermain game online.

Dampak Positif

Game online juga memiliki dampak positif bagi anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah. Terkadang game online memang dijadikan bahan ajar atau metode pembelajaran.

Mengasah Kreatifitas

Game online bagi anak sekolah dapat menumbuhkan rasa kreatifitas yang cukup tinggi jika digunakan secara benar dan positif. Hal ini juga tergantung jenis game online yang diguankannya. Seperti game online Minecraft yang terkenal dengan modenya. Game online Minecraft mengajak anak-anak untuk membangun sebuah bangunan sesuai yang ingin dibuatnya. Sehingga anak-anak bisa berkreasi sesuai isi kepala dan hatinya.

Menambah Ketelitian

Game online memang menuntut anak-anak untuk selalu teliti dalam bermain. Salah menekan atau mengambil keputusan saja sudah dapat berakibat fatal. Meningkatkan kemampuan meneliti ini juga akan diimplementasikan ketika belajar seperti menghitung Matematika yang jika salah menghitung dari awal akan menemukan jawaban yang salah. Sehingga game online berguna untuk anak-anak yang sering kurang teliti ketika menghitung.

Dampak Negatif

Lupa Waktu untuk Belajar

Dampak game online bagi anak sekolah yang sering dikhawatirkan oleh orang tua adalah lupa waktu untuk belajar. Game online sering kali membuat anak-anak melupakan waktu belajar dan makan bahkan bermain bersama teman-temannya. Sehingga orang tua mulai memiliki mindset bahwa game online membawa dampak buruk bagi anak-anak jika tidak diberikan kapasitas waktu ketika bermain.

Kecanduan Bermain Game Online

Nah, ini yang semakin membuat orang tua geram. Game online memiliki dampak kecanduan yang membuat anak-anak tidak bisa lepas dari smartphone. Ketika anak-anak sudah kecanduan maka yang ada dipikirannya adalah bermain game sampai lupa waktu. Hal inilah yang membuat anak-anak melupakan belajar sampai bermain dengan teman-teman.

Dapatkan lebih banyak lagi mengenai permainan game online terbaik seperti game Slot Online.

Pada dasarnya game online baik untuk perkembangan otak anak jika diimbangi dengan bimbingan orang tua. Game online bagi anak sekolah tidak begitu buruk jika sudah disesuikan dengan usianya, antara jenis game sampai kapasitas bermain. Sehingga orang tua akan selalu mengambil sisi positifnya daripada negatif.

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *